cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN MATERI KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SMP KELAS VIII Nova Yuandani Br Sinaga; Rosmaini Rosmaini
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.33154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan dan kelayakan media poster dalam pembelajaran materi keterampilan menulis puisi siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain: Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Kuisoner. Kuisoner diberikan kepada Validator Media, Validator Materi, Guru bahasa Indonesia, Siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dibuat dalam skala likert. Hasil penilaian dari Validator Media, Validator Materi Guru bahasa indonesia dan responden dalam uji coba produk menunjukan bahwa media poster teramasuk kriteria sangat layak sehingga media poster yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.Kata kunci : Pengembangan Media Poster, Siswa Kelas VIII, Keterampilan Menulis Puisi
GAMBARAN PSIKOLOGIS TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN SEPOTONG HATI YANG BARU KARYA TERE LIYE Sartika Samad; Masayu Gay; Wa Ode Murima La Ode Alumu Alumu
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.32626

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan psikologis tokoh dalam buku Sepotong Hati yang Baru (SHB) yang disorot dari aspek id, ego, dan super ego. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Data penelitian berupa kata, frasa, dan kalimat, yang bersumber dari buku SHB karya Tere Liye, berjumlah 206 halaman. Analisi dilakukan dengan perekaman/pencatatan data, selanjutnya proses inferensi dan analisis. Temuan penelitian menunjukkan unsur id, ego, maupun super ego sama-sama muncul dalam novel SHB. Akan tetapi, kehadiran dimensi id terkadang dapat dipahami melalui unsur ego dan super ego. Artinya, ada peristiwa psikis satu yang tidak muncul secara tekstual, tetapi dapat dipahami karena ada peristiwa dua. Dengan demikian, untuk memahami unsur id harus dilihat sebagai proses yang memiliki hubungan sebab-akibat.
EKSISTENSI HASRAT SEKSUAL JEAN PAUL SARTE DALAM NOVEL AMBA KARYA LAKSMI PAMUNTJAK Eva Dwi Kurniawan
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.33530

Abstract

Eksistensi merupakan salah satu cabang filsafat yang diusung oleh Jean Paul Sarte. Di dalamnya terdapat persoalan mengenai hasrat seksual yang menempatkan kesadaran sebagai kunci utamanya. Novel Amba karya Laksmi Pamuntjak merupakan salah satu novel yang di dalamya tersebar mengenai hasrat seksual. Penelitian ini memiliki rumusan masalah tentang bagaimana hasrat seksual yang dikemukakan oleh Jean Paul Sarte beroperasi di dalam novel Amba, dan bagaimana motif apakah yang mendasari kemunculan hasrat seksual dalam novel Amba. Kajian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan menerapkan teori hasrat seksual Jean Paul Sarte. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa (1) terdapat keutuhan hasrat seksual pada diksi-diksi seksual yang bertebaran dalam novel, (2) coitus sebagai laku kesadaran eksistensi; dan (3) motif hasrat seksual yang bermula pada masa lampau.
Analisis Struktural dalam Kumpulan puisi "Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus"karya Chairil Anwar serta Relevansinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMA Khomsatun Yuliatun; Yusra D; Agus Salim
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.33082

Abstract

PPenenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur pembangun puisi dalam kumpulan “Kerikil Tajam dan Yaang Terampas dan Yang Putus” Karya Chairil Anwar Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Data penelitian ini adalah berupa kata, kutipan dan kalimat dalam kumpulan tersebut. Sumber data penelitian ini adalah buku kumpulan  Puisi Kerikil Tajam dan Yang Terhempas dan Yang Putus karya Chairil Anwar yang diterbitan pada tahun 2020 oleh penerbit NARASI. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, wawancara, dokumentasi, dan melakukan teknik pembacaan terpadu secara komprehensif terhadap objek kajian yaitu 43 judul puisi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Dari hasil penelitian, 43 puisi dalam kumpulan ini dapat digunakan sebagai bahan ajar, karena unsur pembangun yang terdapat di dalam kumpulan puisi karya Chairil Anwar cukup lengkap,yaitu duksi, citraan, kata konkret, majas, verifikasi, tipografi, tema, nada, perasaan, dan amanat. Kelengkapan unsur pembangun dalam puisi  menjadi berpengaruh dalam pemilihan bahan ajar oleh pendidik, karena dalam KD 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi terdapat indikator yang mengharuskan peserta didik untuk mampu memahami dan menganalisis unsur pembangun dalam puisi, kemudian berdasarkan tingkat kesulitan, puisi karya Chairil Anwar tidak begitu sulit, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bahasa Indonesia kelas X,  bahasa yang digunakan penyair  dalam kumpulan puisi ini dapat dipahami oleh pembaca sehingga layak dijadikan pertimbangan oleh pendidik dalam pemilihan bahan ajar di SMA. Kata Kunci: Struktur puisi, pembelajaran Bahasa Indonesia, SMA
LANSKAP BAHASA INDONESIA PADA PENAMAAN TEMPAT MAKAN DAN MINUM DI TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT Chairani Syahrawati; Burhanuddin Burhanuddin; Johan Mahyudi
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.33432

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian tentang lanskap bahasa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi lanskap bahasa Indonesia pada penamaan tempat makan dan minum di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Data yang digunakan berupa hasil foto penggunaan bahasa pada papan nama tempat makan dan minum di sepanjang jalan utama kota Taliwang. Analisis dilakukan dengan teknik koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bahasa pada penamaan tempat makan dan minum di Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat berupa kata dasar, kata berimbuhan, frasa, dan klausa. Selanjutnya makna pada lanskap bahasa berupa makna konseptual. Adapun fungsi lanskap bahasa berupa fungsi informasional, simbol identitas, dan simbol pelestarian bahasa daerah. Kata kunci: Bentuk, Makna, Fungsi, Lanskap Bahasa, Lanskap Linguistik AbstractThis research is research on the Indonesian language landscape. This study aims to describe the shape, meaning, and function of the Indonesian language landscape in naming places to eat and drink in Taliwang, West Sumbawa Regency. The data used is in the form of photos of the use of language on the signboards of places to eat and drink along the main street of Taliwang city. The analysis was carried out using data collection techniques, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the form of language in naming places to eat and drink in Taliwang, West Sumbawa Regency in the form of basic words, affixes, phrases, and clauses. Furthermore, the meaning in the language landscape is in the form of conceptual meaning. The functions of the language landscape are in the form of informational functions, symbols of identity, and symbols of preservation of regional languages. Keywords: Form, Meaning, Function, Language Landscape, Linguistic Landscape
PELAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS DALAM TEKS PROSEDUR DI SMA Desi Gusmaneri; Rustam Rustam; R. Imam Suwardi Wibowo
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.32862

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model discovery learning dalam berpikir kritis dalam teks prosedur di SMA. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi. Subjek penelitian ini  adalah satu Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Data ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Analisis menurut Miles dan Huberman dibagi dalam tiga alur  yang terjadi secara bersamaan. Ketiga alur tersebut adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data (tampilan data), dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan Model Discovery Learning Berorientasi berpikir kritis pada teks prosedur kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi Berhasil dilaksanakan oleh guru di kelas. Namun, pada rencana pelaksanaan pembelajaran belum sesuai. karena guru tidak mencantumkan langkah berpikir kritis sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran model discovery learning langkah-langkahnya berhasil diterapkan oleh guru dalam menulis teks prosedur yang berfokus pada siswa. Dengan langkah-langkah model pembelajaran itu  mampu membuat mereka menjadi aktif dan berpikir dengan kritis pada tugas yang diberikan kepada siswa di kelas dalam menganalisis teks prosedur kompleks dan Siswa dapat mengkaji sebuah fakta yang ada pada masalah kemudian menulis kembali teks prosedur dengan mengambil kesimpulan dari yang telah siswa temukan di kelas. Kata Kunci : Discovery Learning,Berorientasi Berpikir Kritis dan Teks Prosedur
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Sastra Nusantara Berwawasan Kearifan Lokal Budaya Sumatera Utara di Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed M. Surip
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.33954

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah sastra nusantara yang berwawasan kearifan lokal budaya 8 etnis Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan model Borg dan Gell yang terdiri dari 9 tahap yaitu menentukan sumber belajar, identifikasi masalah dan tujuan pembelajaran, analisis karakter peserta didik (mahasiswa), identifikasi materi pelajaran, menentapkan tujuan pembelajaran khusus, membuat sistematika isi pembelajaran, merancang strategi pembelajaran, metode pembelajan, dan mengembangkan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara perlu dikembangkan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) penilaian dan perangkat yang dibuat perlu memenuhi kriteria kepraktisan dan efektif untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. (3) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed.
DESAIN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENDUKUNG CRITICAL THINKING SKILL SISWA PADA ERA KENORMALAN BARU PASCAPANDEMI COVID-19 Wisman Hadi; Elly Prihasti Wuriyani; Achmad Yuhdi; Reny Agustina
Basastra Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i1.33852

Abstract

Menjelang akhir tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI menegaskan bahwa cita-cita pembelajaran di Indonesia ialah menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada siswa, pembelajaran yang memerdekakan pemikiran, dan potensi siswa. Salah satu strategi yang mampu menciptakan proses pembelajaran tersebut adalah diferensiasi. Melalui artikel ini, penulis mencoba menuangkan gagasan pemikiran terkait rancangan implementasi strategi diferensiasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan muatan kemampuan berpikir aras tinggi. Strategi pembelajaran diferensiasi bermuatan critical thinking skill bertujuan untuk memciptakan peseta didik agar memiliki pola belajar dan pola berpikir serta mengembangkan inovasi kreatif dan inovatif. Strategi pembelajaran diferensiasi dapat dilakukan dalam 3 bentuk, yaitu: (1) diferensiasi konten, (2) proses dan (3) produk. Diferensiasi konten dilakukan melalui kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Diferensiasi proses dilakukan melalui penggunaan kegiatan berjenjang, mengembangkan kegiatan bervariasi dan menggunakan mengelompokkan siswa sesuai dengan kesiapan, kemampuan dan minat. Diferensiasi produk dapat dilakukan melalui pemberian pilihan bagaimana siswa mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan. Adapun rancangan strategi pembelajaran diferensiasi bermuatan critical thinking skill dapat dilakukan melalui tahapan yang dimulai dari: literasi, critical thinking, collaboration, communication, dan creativity. Kata kunci: Diferesiasi, critical thinking skill, Pembelajaran Bahasa Indonesia  AbstractTowards the end of 2020, the Minister of Education and Culture of Research and Technology RI emphasized that the ideals of learning in Indonesia are to create learning that favors students, learning that liberates thinking, and students' potential. One strategy that is able to create the learning process is differentiation. Through this article, the author tries to express ideas related to the design of implementing differentiation strategies in Indonesian language learning with high-level thinking skills. Learning strategies that are charged with critical thinking skills aim to create students to have learning patterns and thinking patterns as well as to develop creative and innovative innovations. Differentiation learning strategies can be carried out in 3 forms, namely: (1) content differentiation, (2) process and (3) product. Content differentiation is carried out through students' readiness, interests, and learning profiles. The differentiation process is carried out through the use of tiered activities, developing varied activities and using grouping of students according to readiness, abilities and interests. Product differentiation can be done through giving the choice of how students express the desired learning. The design of learning strategies that are charged with critical thinking skills can be carried out through stages starting from: literacy, critical thinking, collaboration, communication, and creativity.Keyword: Differentiation, critical thinking skills, Learning Indonesian

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue